Pulang Sekolah, Siswa ini Justru Memilih Memulung

memulung
Foto Dok Gus Antho Gnp

JAKARTA – Jika kebanyakan pelajar memilih bermain usai pulang sekolah, berbeda dengan Rizal. Setelah pulang sekolah ia justru memilih memungut sampah plastik untuk dijual kembali. Saat matahari tengah bersinar terik, disitulah Rizal beraksi, peluh yang membasahi keningnya ak ia hiraukan.

Satu demi satu gelas dan botol plastik ia pindahkan dari jalan ke baskom usang yang nagkring di belakang sepedah miliknya. Foto Rizal yang tengah mendorong sepedanya diviralkan oleh netizen bernama Gus Antho Gnp. Melalui akun facebooknya kisah Rizal tersebar dan telah disukai lebih dari 100 netizen.

 

Rizal (memegang kardus) bersama orang tuanya saat menerima donasi dari netizen

Antho menuturkan bahwa pelajar yang sekolah sambil memulung itu kerap beraksi usai pulang sekolah. Dilihat dari perawakannya, Rizal memang terlihat seperti pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA). Namun ternyata, ia duduk di bangku kelas empat di salah satu Sekolah Luar Biasa (SLB) di Ponorogo.

“Semangatnya luar biasa. Saya juga salut,” tutur Antho.

Kemungkinan kata Antho, uang hasil memungut barang bekas itu untuk keperluan Rizal sendiri. Bocah tersebut tinggal bersama ibunya yang sedang sakit, ayah dan juga seorang kakak di Dusun Bantaran, jalan Sri Bawang, Beton, Ponorogo, Jawa Timur.

Netizen yang melihat foto Rizal pun merasa salut. Saat pelajar lain asyik dengan gadget dan sepeda motor, Rizal justru tak malu untuk sekolah sambil bekerja.

“Salud saya dengan bocah seperti itu, tidak malu melakukan sesuatu yang jarang jaman seperti ini, hampir langka,” komentar salah satu netizen di akun facebook Gus Antho Gnp.