Puting Beliung Landa Lampung Timur, Puluhan Rumah Rusak

410 views
ilustrasi rumah rusak akibat puting beliung/ Okezone

LAMPUNG – Puluhan rumah di dua kecamatan di Kabupaten Lampung Timur rusak berat akibat tertimpa pohon dan tersapu angin puting beliung, Selasa (14/3/2017) sore.

Dua kecamatan tersebut yaitu  Kecamatan Margatiga dan Kecamatan Labuhanratu. Eddy Siswanto, Ketua Taruna Siaga Bencana Lampung Timur mengatakan angin puting beliung yang melanda beberapa desa di dua kecamatan itu mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa puluhan rumah.

“Data baru masuk, saya belum bisa sebutkan angka pasti berapa rumah yang rusak berat dan ringan tapi jumlahnya puluhan bahkan bisa ratusan, tapi sampai saat ini belum ada laporan korban jiwa,” kata dia.

Sementara itu Kasubag Humas Pemkab Lampung Timur Erdy Yuliandri mengatakan curah hujan yang tinggi disertai angin kencang sore ini menyebabkan terjadinya bencana angin puting beliung di sebagian wilayah Lampung Timur seperti yang melanda Kecamatan Sekampungudik, Labuhanratu dan Bumiagung.

Erdy mengatakan Pemkab Lampung Timur sudah melakukan langkah tanggap darurat atas peristiwa puting beliung yang terjadi sore ini.

“Camat dan jajaran diminta siaga, sebab puting beliung acap datang akhir akhir ini. Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Sosial segera bergerak untuk membantu warga yang terkena musibah,” katanya, dikutip dari Antara.

Terkait ketersediaan buffer stock di Dinas Sosial Lampung Timur dalam penanganan bencana, Chusnunia Chalim menyatakan “buffer stock” cukup tersedia. Ketersediaan stok beras pada Dinas Sosial Kabupaten Lampung Timur mencapai 100 ton.