Klaten Heboh Sarang Tawon

lebah
Foto Istimewa

JAKARTA – keresahan warga Klaten akibat maraknya sarang lebah raksasa belum menemui titik terang.Pasalnya, belum ada satu pun pihak yang membereskan sarang lebah yang merupakan kategori ganas tersebut.

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Klaten Wahyu Prasetyo mengatakan lebah yang sedang ramai saat ini biasa disebut Tawon Ndas atau Gung. Jenis hewan itu memang tergolong hewan liar, sehingga pihaknya sendiri hingga kini belum bisa melakukan tindakan apa-apa.

“Sebetulnya kalau penanganan hewan ada di bidang kami, tapi kalau jenis hewan liar kami tidak tahu, karena selama ini yang kami tangani dan masuk dalam tupoksi kami adalah hewan yang dilindungi. Kalau jenis lebah ya biasanya lebah madu bukan lebah seperti itu,” ujarnya seperti dilansir Sorotklaten, Kamis (23/03/2017).

Menurutnya, mulai marak sarang lebah tersebut dikarenakan banyaknya bunga-bunga yang mulai tumbuh di sejumlah tanaman. Hal itu sendiri disebabkan oleh faktor cuaca yang akhir-akhir ini masih tergolong basah. Ia menilai, apapun jenis lebah tersebut memang seluruhnya sangat membutuhkan keberadaan bunga.

Keluhan adanya sarang lebah juga dilontarkan netizen bernama Sugiyanto yang membagikan tautannya ke grup facebook Info Seputar Klaten.

“Adanya dan maraknya tawon ndas atau tawon Gong pemadam kebakaran malam ini operasi sarang tawon di Kec Juwiring karena sudah memakan korban di daerah kadilajo, karangnongko. Satu anak meninggak yang dua masih di RSI Manis Renggo. Kami ingin pemadam adakan OTT Oprasi Tangkap Tawon,” tulisnya.