Mengharukan, Masyarakat Gotong-royong Gratiskan Cuci Darah di RS Ini

Lelaki paruh baya ini adalah salah seorang yang mengalami sendiri bahwa cuci darah di Rumah Sakit ini tanpa dipungut biaya sedikitpun. Ialah Ismail Hatras, ditengah kesulitan hidup ia pun harus terpaksa cuci darah secara rutin.  Pria 44 tahun tersebut begitu terharu tatkala mengetahui bahwa berkat uluran tangan masyarakat Indonesia lah ia mendapatkan perawatan intensif layanan cuci darah secara gratis yang diberikan oleh RST Dompet Dhuafa selama ini.

“Kurang lebih dua tahun saya kena penurunan fungsi ginjal. Kata dokter harus rutin cuci darah, ya kalau saya dua kali seminggu kesini, hari Rabu sama Sabtu,” ungkap Ismail, saat ditemui di ruang hemodialisa RST Dompet Dhuafa

Dia mengaku terkejut saat dua tahun lalu dokter memvonis mengalami penurunan fungsi ginjal. Karena awalnya dia hanya sakit asam urat biasa. Dokter telah memvonis, otomatis dia harus rutin melakukan cuci darah (Hemodialisa). Saat dokter mengatakan kalau dirinya harus cuci darah, ia sempat meresponnya dengan santai, pasalnya ia mengira kalau cuci darah itu hanya sekali dilakukan bukan seumur hidup. Namun dokter menjelaskan kepada Ismail kalau cuci darah itu, kemungkinan dilakukan seumur hidup. Maka tidak heran bila Ismail merasa begitu terharu karena sangat terbantu dengan adanya layanan gratis cuci darah di RST Dompet Dhuafa.

RST Dompet Dhuafa berada di kawasan Jampang Bogor adalah sebuah model layanan kesehatan yang dibiayai dari dana zakat, infak, sedekah dan wakaf (ZISWAF). RS milik masyarakat, yaa karena didalam menjalankan operasional sehari-harinya berasal dari bantuan masyarakat dari seluruh Indonesia baik dari perorangan maupun kelembagaan melalui Dompet Dhuafa (DD). Masyarakat yang berasal dari keluarga dhuafa, akan dilayani sepenuhnya tanpa dipungut biaya sedikitpun, alias gratis. Termasuk layanan hemodialisa atau cuci darah, dimana salah satu penerima manfaatnya adalah Ismail Hatras. Mereka bisa mengaksesnya setelah menjadi member RST. Berlakunya system membership ini adalah upaya DD agar dana ZISWAF yang diamanahkan tetap sesuai peruntukkannya bagi mereka yang membutuhkan.

Kerja nyata membentang kebaikan RST kian diperluas. sejak tahun 2012 memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi dhuafa, kini memperluas manfaatnya dengan menerima pasien umum dalam pelayanannya. Sebuah langkah baru setelah pada tahun 2014 RST turut bekerja sama dengan pemerintah mensukseskan program BPJS-nya, yakni dengan menerima pasien peserta BPJS untuk berobat. Meski demikian, RST tetap mengutamakan pengobatan kaum dhuafa sebagai pasien VIPP (Very Important Poor Person). Bentuk partisipasi dari masyarakat umum yang mendapatkan pelayanan yang diterima akan kembali dalam bentuk fasilitas kesehatan terbaik pula bagi dhuafa.

RS yang berdiri di atas lahan wakaf seluas tujuh ribuan meter persegi ini tetap menomorsatukan benefit yang dapat dirasakan semua orang tanpa memandang kelas. Rata-rata pasien rawat jalan yang dirawat di RST ini berjumlah 1.800 orang perbulannya.

Ayo ikut gabung dukung RST Dompet Dhuafa memberikan layanan gratis dan pelayanan terbaiknya. Teman-teman dapat menghubungi hotline Dompet Dhuafa di 021.7416050, untuk memberikan sedekah terbaik di bulan Ramadhan ini untuk dirasakan manfaatnya oleh ribuan orang yang membutuhkan uluran tangan setiap bulannya.