Beyonce dan Unicef Bangun Akses Air Bersih untuk Anak Burundi

Krisis air bersih di Burundi/ Watermission.org

NEW YORK – Ikon pop Beyonce bersama dengan badan anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa Unicef tengah mengupayakan  memberikan bantuan air bersih untuk ke anak-anak di Burundi.

Rencana tersebut akan direalisasikan dengan membangun sumur dan memperbaiki pendidikan kebersihan dan fasilitas air bersih dan sanitasi di sekolah, seperti diungkapkan Beyonce dan Unicef, Jumat (30/6/2017), yang dikutip Reuters secara online.

Dua dari lima orang di Burundi di Afrika Timur tidak memiliki akses terhadap air bersih, dan penyakit terkait air dan sanitasi termasuk di antara penyebab utama kematian di antara anak-anak di negara berpenduduk 12 juta orang.

Unicef mencatat satu dari 12 anak di Burundi meninggal sebelum usia 5 tahun. “Akses terhadap air adalah hak yang mendasar. Bila Anda memberi anak air bersih dan aman, Anda tidak hanya memberi mereka kehidupan, Anda memberi mereka kesehatan, pendidikan, dan masa depan yang lebih cerah,” kata Beyonce, 35 dalam pernyataannya.

Beyonce mengatakan bahwa lebih dari dua juta orang di Burundi menghabiskan lebih dari 30 menit sehari untuk mengumpulkan air, memaksa anak-anak untuk melewatkan sekolah dan menempatkan anak perempuan pada bahaya tertentu saat mereka berjalan bermil-mil untuk mencari sumur.