Ratusan Warga Cianjur yang Kesulitan Air Dapat Bantuan

Ilustrasi/ kompasiana

CIANJUR – Ratusan warga di Desa Sukajadi, Kecamatan Karangtengah yang kesulitan mendapatkan air bersih beberapa waktu belakangan akhirnya mendapat bantuan air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mukti Cianjur, Jawa Barat.

PDAM mengirim dua truk tangki air bersih, Selasa (15/8/2017) dan dalam hitungan satu jam air dari dua tangki tersebut sudah habis diserbu warga yang biasanya harus antre berjam-jam di depan salah satu perusahaan yang menyediakan kran di luar gerbang.

Dirut PDAM Tirta Mukti Budi Karyawan, mengatakan bantuan air bersih diberikan karena adanya laporan kekeringan di desa tersebut, sehingga pihaknya mengirim mobil tangki yang disiapkan untuk bantuan air saat kemarau.

“Setiap tahun atau memasuki kemarau kami menyediakan layanan khusus bantuan air bersih. Ketika mendapat informasi ada desa yang kesulitan air, kami langsung mengirim air bersih,” katanya lagi, dikutip Antara.

Sejak beberapa pekan terakhir, pihaknya mendapat permohonan dari sejumlah kecamatan yang mengalami kekeringan. Bantuan tersebut didata secara bertahap sesuai permintaan dari warga, namun karena keterbatasan armada, sehingga pengiriman dipenuhi satu per satu.

Cucu (56), seorang warga setempat mengaku senang dengan bantuan tersebut karena sudah lebih dari dua bulan ratusan warga harus mengantre selama berjam-jam atau berjalan sejauh 1 kilometer ke sungai dengan medan yang curam untuk mendapatkan air bersih.