WAHYU TEJABAWONO

1.245 views
Sarjokesuma pengin menikahi Pregiwati, malah dibully Burisrawa-Aswatama.

WAHYU adalah zat yang tanpa bentuk, yang tak berwujud tapi bisa dirasakan oleh pemiliknya. Dengan wahyu itu seorang tokoh di dunia wayang menjadi lebih pede menjalani kehidupan. Mau nyapres misalnya, meski elektabilitiasnya demikian rendah, tetap ngotot saja untuk maju. Bahkan jika ada yang mengkritisi, hanya dijawab: “Sirik luh, gini-gini gue kan ketua umum partai!”

Menjelang akhir tahun 2017 ini kahyangan Jonggring Salaka dikabarkan akan menurunkan wahyu edisi baru, namanya: Wahyu Tejabuwono. Pernah dinamakan Tejamaya pada edisi beberapa tahun sebelumnya, tapi karena diklaim oleh pabrik kertas garet Tejamaya, akhirnya Wahyu Tejamaya tahun 2009 batal beredar dan diperebutkan. Nah, setelah dimodifikasi seperlunya, kini wahyu permakan itu dilempar lagi ke pasaran kalangan wayang.

“Ulun tegaskan lagi di sini, kepada penerima wahyu tidak dipungut biaya sepeser pun. Jika ada pitukon (bayaran) hanyalah berani laku prihatin dan menjauhi dugem,” kata Betara Narada dalam siaran persnya.

“Dugem kan wilayah pribadi seseorang, kenapa dikait-kaitkan boss?” kejar wartawan infotainment.

Betara Narada tidak mau menjawab, justru nylingker (menghindar) ke ruang lain. Sebab dia tahu persis kelakuan insan pers, jika dilayani pertanyaannya mremen-mremen (merembet) ke mana-mana. Daripada nanti tak bisa menjawab karena menyangkut hal yang sensitif, Betara Narada memilih menghindar. Ini memang cara paling aman, daripada kehilangan jabatan gara-gara keseleo lidah kepada wartawan.

Maklum, sudah jadi rahasia umum bahwa pungli di dunia perwahyuan memang ada sebenarnya, tapi susah dibuktikan. Menurut Harjuna dan Abimanyu yang sering jadi langganan wahyu, seterimanya wahyu dia diharuskan transver ke rekening tertentu alamat Jonggring Salaka. Makin ngetop nama wahyu, makin mahal “Apel Malang”-nya. Wahyu Cakraningrat misalnya, itu bisa berkisar Rp 500 juta. Tapi jika menerima wahyu Makutha Rama, itu harus ditransver dengan “Apel Washington” alias dolar AS.