Mataram Banyak Kekurangan Guru SD dan SMP

Ilustrasi

MATARAM – Kota Mataram masih kekurangan guru untuk jenjang pendidikan SD dan SMP. Kekurangan ini lantaran banyak di antara mereka yang memasuki masa pensiun. Jumlah kekurangan tenaga pendidik di masing-masing sekolah bervariasi pada setiap bidang mata pelajaran seperti agama dan prakarya.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) MTs/SMP Kota Mataram, H. Lalu Suwarno, membenarkan perihal adanya kekurangan guru di berbagai sekolah jenjang SMP di Kota Mataram. “Kekurangan guru di masing-masing bidang tersebut benar adanya,” ujar Suwarno.

Bahkan, semua sekolah jenjang pendidikan SMP yang saat ini berjumlah 24 sekolah di Kota Mataram rata-rata semuanya merasakan kekurangan guru.

Adapun guru yang paling banyak dirasakan minim kata Kepala SMPN 2 Mataram itu adalah guru prakarya dan guru seni budaya, baru kemudian disusul dengan guru agama dan guru bidang studi yang lainnya.

Seperti disitat dari SuaraNTB, adanya kekurangan guru karena memasuki masa pensiun di Kota Mataram turut menjadi perhatian Ketua Dewan Pendidikan Kota Mataram (DPKM) H. Adnan Muchsin. Bersama dengan Bazda Kota Mataram, dua lembaga ini bersatu memberikan perhatian pada kondisi pendidikan Kota Mataram. Terutama pada aspek tenaga pendidik.