Kapal Selam Angkatan Laut Argentina Berawak 44 Orang Hilang

ARGENTINA – Angkatan laut Argentina  meluncurkan operasi udara dan laut untuk melakukan pencarian  kapal selam di lepas pantai selatan negara itu yang hilang dengan 40 awak kapal.

Angkatan laut  mengatakan di Twitter pada hari Jumat bahwa ARA San Juan berangkat dari Ushuaia, di selatan negara itu, ke sebuah pangkalan di Mar del Plata, sekitar 400km selatan ibukota, Buenos Aires.

Enrique Balbi, jurubicara angkatan laut, mengatakan kontak terakhir kapal tersebut dengan komando pada hari Rabu pagi.

Kapal selam tersebut memiliki setidaknya 44 awak kapal, dan angkatan laut mengatakan kapal selam tersebut tidak dianggap hilang, sementara Balbi membantah laporan bahwa mungkin ada kebakaran di kapal.

“Saya tidak ingin mendramatisir masalah ini. Kami kurang komunikasi dan tidak tahu apa yang terjadi.” tambahnya, dilansir Al jazeera.

Seorang saudara perempuan dari seorang anggota kru yang bekerja di dapur kapal selam mengatakan bahwa tidak seorang pun dari angkatan laut telah berkomunikasi dengan keluarga petugas tersebut.

“Kami tidak tahu apa-apa tentang saudara kami, kami benar-benar putus asa,” kata saudara perempuan yang menangis.

ARA San Juan adalah kapal selam diesel-listrik yang diproduksi di Jerman dan telah menjadi bagian dari angkatan laut Argentina sejak tahun 1985.