Ini Dia Permasalahan Sesungguhnya dalam Kelola Hutan di Indonesia

JAKARTA (KBK) -Perosalan hutan di Indonesia bukan semata-mata masalah ekologi tapi juga memiliki masalah sosial. Siti Fikriyah dari sekertarian kehutanan bersama di Jawa (SEKBER) menuturkan permasalahan sosial tersebut dipicu oleh fresh land hutan yang sudah diduduki segelintir orang.

“Meski telah terbit peraturan menteri KLHK yang mengatur hal tersebut. Ini harus direapon dengan cepat,” ucap Siti dalam paparannya di acara Environmental Outlook 2018 di KLHK, Jakarta (19/1).

Berdasarkan sensus yang dilakukan oleh Siti, situasi lahan kosong di Indonesia telah terjadi kemiskinan luar biasa dimana kepemilikan lahan rakyat hanya 0,2 hektar per kepala keluarga.

Hal tersebut kian parah terjadi di wilayah Jawa Tengah bagian timur. Menurut Siti ada tantangan kesejahteraan yang luar biasa karena tak sedikit lahan yang telah dikuasai pemodal.

“Isu kehutanan di Jawa adalah isu sosial, ada problem kemiskinan yang penyelesaiannya haruas dinomor satu, setelah itu ekologinya,” jelas Siti.

Di tengah isu kemiskinan, lahan kosong di Jawa juga rawan konflik dan geaekan antar masyarakat terkait kepemilikan lahan. Guna menyelesaikan masalah di atas, Siti menyarankan agar pemerintah bisa mendorong reforma agraria dan menekankan aspek pemilihan komoditas tanam.

“Ini perlu diarahkan juga untuk mendapatkan nilai jual komoditas yang tinggi,” tandasnya