KARTU KUNING

Kartu Kuning ini bukan sekadar kartu yang tanpa makna apa-apa. Meskipun cara membuat barang ini mudah dan bahannya murah, Kartu tersebut bisa menghentikan sebuah perhelatan akbar tingkat dunia. Bahkan, akibat benda sederhana ini dapat menyebabkan terjadinya perkelahian massal dan kerusuhan pada pertandingan sepak bola.

Kartu Kuning adalah bentuk komunikasi universal yang bisa dimengerti oleh semua orang dari berbagai bangsa yang berbeda. Isyarat yang disampaikan dengan munculnya benda tipis ini adalah agar seseorang yang mendapat “hadiah” kartu tersebut lebih berhati-hati karena telah melakukan hal-hal yang melanggar peraturan atau bisa juga menyebabkan kerugian pada orang lain.

Dalam permainan sepak bola, orang yang dikenai sanksi dengan kartu kuning adalah orang yang melakukan pelanggaran terhadap orang lain, bertindak tidak sopan atau protes keras terhadap pihak lain.

Faktor lain yang menyebabkan orang mendapat “ganjaran” peringatan berupa benda bertuah ini adalah orang yang melakukan diving. Yakni, melakukan tindakan penipuan dengan berpura-pura seakan-akan menjadi korban. Padahal, kelalaiannya tersebut justru bisa membuat orang lain yang menjadi korban.