Tiga Bendung di Brebes Rusak Dihantam Banjir

324 views
Ilustrasi Bendungan Cipamingkis/ Tribun Bogor

BREBES – Selain bencana longsor, banjir juga melanda Brebes, Jawa Tengah dan telah mengakibatkan sejumlah infrastruktur pengairan rusak.

Dari data yang ada di UPT Dinas PSDA dan PR wilayah Pemali Hulu, terdapat tiga bendung yang saat ini mengalami kerusakan. Yakni bendung Kembang Desa Benda Kecamatan Sirampog, Bendung Monggor Desa Plompong, Kecamatan Sirampog dan Bendung Glempang sungai Pedes, Kecamatan Sirampog.

“Laporan dari masing-masing desa sudah kita tindaklanjuti dengan pengecekan langsung ke lokasi kerusakan, dilanjutkan laporan ke Dinas,” ungkap Kepala UPT DPSDA dan PR, Istanto

Dikatakan, dari hasil pengecekan diketahui kerusakan terjadi pada komponen bendung baik bangunan mercu maupun lainnya. Seperti yang terjadi di Bendung Kembang, bangunan mercu sepanjang 50 meter dengan lebar 4 meter dan tinggi 5 meter, hilang tersapu banjir sungai Keruh.

“Bendung Kembang sendiri, berfungsi untuk mengairi lahan pertanian di wilayah Desa Benda Kecamatan Sirampog, Penggarutan Kecamatan Bumiayu hingga Linggapura Kecamatan Tonjong,” jelas Istanto.

Menurut dia, sejauh ini sistem pengairan masih bisa berjalan dengan lancar terbantu dengan masih tingginya intensitas hujan. Namun saat terjadi perubahan cuaca menjadi kemarau, maka dikhawatirkan akan rawan mengalami kekeringan.

Selain bangunan bendung, kerusakan juga terjadi pada komponen sungai seperti talut pengaman jalan maupun pemukiman. Diantaranya terjadi di sungai Keruh Desa Penggarutan, Kecamatan Bumiayu, sungai Dadali Desa Banjarsari, Kecamatan Bantarkawung dan sungai Pedes yang melintas di Desa Pepedan serta Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong.

“Sudah kita lakukan inventarisir, selanjutnya dilakukan koodinasi di Tingkat Kabupaten guna penanganannya. Kami juga menghimbau agar warga mewaspadai daerah aliran sungai (DAS) saat musim hujan ini,” pungkasnya, dilansir Radartegal, Kamis (22/2/2018).