Kemenag terus Dukung Sertifikasi Amil Zakat

255 views

JAKARTA–Kementerian Agama(kemenag) terus memberikan dukungan terhadap hadirnya sertifikasi amil zakat yang digagas oleh Forum Zakat (FOZ) bersama Lembaga Sertifikasi Profesi Keuangan Syariah (LSP KS).

Bahkan dalam pertemuan yang pernah dilakukan antara kemenag dengan LSP KS , kemenag bertanya, peraturan apa yg perlu di keluarkan oleh Kemenag agar sertifikasi segera bisa dikeluarkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Hal itu terungkap dalam pertemuan antara BNSP, FOZ dan LSP KS Jumat (23/2) di kantor BNSP.

Dalam pertemuan tersebut, Achmad Iqbal dari LSP KS melaporkan kepada BNSP bahwa saat ini ada 2 skema SKKNI yang diajukan, namun kedepannya akan ada pengajuan skema lagi, menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Karena itu untuk menyelesaikan proses penyusunan sertifikasi, M. Najib dari BNSP meminta adanya surat dukungan dari Kemenag dan ditujukan ke ketua BNSP. Ia juga mengatakan bahwa sertifikasi amil zakat merupakan tersebut bagus sekali.

Adanya sertifikasi Amil Zakat menurut Ketua Forum zakat, Bambang Suherman adalah insentif bagi masyarakat yg mau menyalurkan zakatnya agar mereka merasa nyaman saat akan berzakat.

Sertifikasi amil zakat juga dilakukannya untuk memastikan agar amil zakat memiliki standar yang sama dalam bekerja, dan pekerjaan yang dilakukan bisa dipertanggungjawabkan secara profesional, sama dengan profesi lainnya seperti guru, advokat, dan tenaga medis.