Ledakan di Somalia Tewaskan 14 Orang

Ilustras bangunan runtuh di Mali akibat bom

MOGADISHU – Setidaknya 14 orang tewas dalam ledakan bom mobil di luar sebuah hotel populer di ibukota Somalia, Mogadishu, menurut seorang pejabat pemerintah.

MOGADISHU – Sebuah ledakan terjadi pada hari Kamis di dekat hotel Weheliye di Jalan Maka Al-Mukarrama, Mogadishu, Somalia, Kamis (22/3/2018), dan menewaskan 14 orang.

Seorang juru bicara kementerian dalam negeri Somalia mengkonfirmasi korban tewas ke Al Jazeera, menambahkan bahwa 10 orang lainnya terluka dalam ledakan itu.

Para saksi di tempat kejadian mengatakan ledakan dahsyat melanda jalan yang penuh dengan warga sipil.

“Sebagian besar korban adalah orang-orang yang menghabiskan waktu untuk minum teh, ada kehancuran dan bangunan rusak,” kata Mohamednur Abdirahman kepada kantor berita AFP.

“Ledakan itu sangat besar, kendaraan yang berisi bahan peledak meledak di dekat kedai teh di depan hotel Weheliye, menyebabkan lebih dari 10 orang tewas. Saya melihat orang-orang dilarikan ke rumah sakit dan beberapa dari mereka sudah mati,” saksi lain, Abdulahi Moalim, menambahkan.

Serangan itu diklaim oleh al-Shabab yang berjuang untuk menggulingkan pemerintah yang diakui secara internasional Somalia, sering melakukan serangan di dan sekitar ibukota.

Negara Afrika timur terus bergulat dengan situasi keamanan yang rumit. Misi Uni Afrika ke Somalia (dikenal sebagai AMISOL) diperkirakan akan menarik pasukan terakhirnya pada tahun 2020.

Serangan Kamis terjadi sekitar sebulan setelah pemboman mobil kembar di Mogadishu menyebabkan 38 orang tewas.