Saudi Tembak Jatuh Rudal Houthi

278 views
Ilustrasi [Courtesy of Al Masirah]
RIYADH – Pertahanan udara Saudi berhasil menembak jatuh tujuh rudal balistik yang ditembakkan oleh milisi Houthi Yaman pada hari Minggu (25/3/2018).

Koalisi Saudi mengatakan jika pasukannya menghancurkan tiga rudal di timur laut Riyadh sesaat sebelum tengah malam, serta yang lainnya menembak ke kota-kota selatan Najran, Jizan dan Khamis Mushait.

Juru bicara koalisi Kolonel Turki al-Malki, dikutip SPA mengatakan puing-puing dari rudal jatuh di sebuah rumah di Riyadh, menewaskan seorang warga Mesir dan melukai dua warga Mesir lainnya.
Serangan ini yang ketiga kalinya dalam lima bulan ketika Huthi meningkatkan upaya untuk menunjukkan bahwa mereka dapat mencapai ibukota Saudi, dan mengancam akan meningkatkan persaingan regional antara Iran dan Arab Saudi.
Sementara itu Kantor berita SABA yang dikelola Houthi melaporkan pasukan rudal kelompok itu telah menargetkan Bandar Udara Internasional King Khalid di Riyadh dengan rudal Burkan H2.
Kelompok itu juga menembakkan jenis-jenis rudal lain di bandara-bandara di Jizan, Najran dan Abha, kota Saudi selatan lainnya.

Koalisi negara-negara Arab Teluk yang dipimpin Saudi melancarkan operasi militer terhadap Houthis di Yaman pada Maret 2015, setelah milisi Syiah Iran menyita ibukota Yaman Sanaa dan memaksa Presiden Abd Rabbu Mansour al-Hadi melarikan diri.

Konflik di Yaman telah menewaskan lebih dari 10.000 orang dan membuat lebih dari 2 juta orang terlantar, melepaskan krisis kemanusiaan di negara termiskin di Semenanjung Arab itu. Hampir 1 juta orang telah terinfeksi kolera.