Perkuat Toleransi, TNI dan Warga di Papua Bersihkan Gereja

JAKARTA – Guna mempererat persaudaraan antar umat beragama, Satgas Pamtas Yonif Raider 500/Sikatan bersama puluhan warga gotong royong membersihkan musala dan gereja di Distrik Mandobo, Kabupabet Boven Digoel, Papua.

Salah satu petugas, Lettu Chk Piryanto, mengatakan, kegiatan itu dilakukan selain sebagai simbol untuk menyambut bulan suci Ramadhan, juga bertujuan untuk memperkuat silaturahmi antarumat beragama di sana.

“Warga juga bersama-sama membersihkan makam-makam yang berada di wilayah itu. Semua umat, baik muslim maupun nasrani, kompak mengikuti kegiatan ini. Suasana keakraban juga terlihat selama berlangsungnya kegiatan ini,” ujarnya dalam keterangan tertulis Pendam V Brawijaya seperti dilansir kumparan (18/5).

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan simbol atas kokohnya persatuan dan kesatuan di wilayah perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini itu.

“Hal ini dalam rangka menyambut Ramadhan. Begitu juga sebaliknya, bagi umat nasrani, kegiatan ini digelar dengan tujuan untuk memperingati momentum Kenaikan Isa Almasih beberapa pekan lalu. Semua warga di sini, tanpa memandang perbedaan, terlihat sangat antusias dengan adanya kegiatan ini,” ujar Sidik.