Argentina Batalkan Pertandingan Persahabatan dengan Israel

ARGENTINA – Tim nasional sepak bola Argentina telah membatalkan pertandingan persahabatan yang akan datang dengan Israel.

Situs olahraga Argentina Minutouno melaporkan pada hari Selasa (5/6/2018) bahwa pertandingan Sabtu pekan ini di Yerusalem telah ditangguhkan di tengah eskalasi kekerasan, ancaman dan kritik yang sedang terjadi.

Argentina, pesaing utama untuk memenangkan piala Dunia musim panas ini, telah melakukan empat kunjungan pra-Piala Dunia sebelumnya ke Israel sejak 1986.

Jadwal pertandingan antara kedua tim itu diatur untuk dimainkan di Stadion Teddy Yerusalem pada 9 Juni, yang dibangun di atas tanah yang dulunya merupakan desa Palestina yang dihancurkan pada 1948.

Media Israel melaporkan bahwa dalam perkembangan terbaru ini, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu akan berbicara dengan mitranya dari Argentina, Mauricio Macri melalui telepon.

Duta besar Palestina di Argentina, Husni Abdel Wahed, telah menyatakan penentangannya kepada yang bersahabat.

“Pertandingan ini akan serupa dengan kita merayakan … pendudukan Malvinas,” katanya kepada Radio Coperativa pada hari Selasa, mengacu pada Kepulauan Falkland.

Abdel Wahed melanjutkan dengan mengatakan bahwa pertandingan itu adalah bagian dari perayaan ulang tahun ke 70 Israel sejak didirikan pada tahun 1948, setelah ratusan ribu orang Palestina dipaksa mengungsi dari desa-desa dan tanah mereka oleh paramiliter Zionis.

“Bagi kami tidak dapat menahan permainan ini di Yerusalem karena ini adalah wilayah pendudukan, dan itu menyakitkan untuk melihat bahwa tim, yang memiliki cinta dan dukungan dari begitu banyak warga Palestina dan warga Arab, mendukung pelanggaran hukum internasional,” ungkapnya, dilansir Aljazeera.