Hanya KBRI Helsinki Teman Zohri di Finlandia

Zohri bersama tim di KBRI Helsinki

JAKARTA – Lalu Muhammad Zohri berhasil menjadi juara dunia 100 meter putra IAAF World U-20 Championships di Finlandia. Di negara nordik itu Zohri hanya berteman oleh satu atlet lain serta dua pelatih Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).

Total ada empat orang yang bertugas mewakili Indonesia tanpa pengawalan media. Praktis Zohri hanya memiliki tim kecil yang berasal dari Jadi KBRI Helsinki.

“KBRI minim anggaran, minim mengawal. Tim PB PASI sendirian, betul-betul sendiri. Tak ada yang peduli kepada PB PASI, hanya KBRI dan masyarakat Indonesia di Tampere,” tutur Duta Besar RI untuk Finlandia, Wiwiek S Firman seperti dilansir Kumparan (13/7).

Ketika Zohri berhasil meraih juara pertama, banyak yang harus disiapkan KBRI, mulai dari lagu Indonesia Raya, pendamping untuk wawancara media, dan lain-lain.

Seremoni pengalungan medali sendiri berlangsung pukul 17:20 waktu Finlandia atau sekitar pukul 21:20 WIB. Saat itu, ‘Indonesia Raya’ menggema ke seluruh stadion meski pengibaran bendera (semua negara) tak dilakukan karena hanya menggunakan ilustrasi digital.