Please Pay For Zakat

Catatan Sharing Session bersama PPZ

Kuala Lumpur, 24 Juli 2018

Fase ‘Malaysia Baru’ membawa banyak semangat baru dan harapan perubahan di tengah masyarakat kami serta tentu pengembangan zakat.

Zakat on income atau zakat gaji mencapai 66.5% atau 615 juta RM dari total zakat yang dihimpun oleh PPZ Maiwp di tahun 2017.

Zakat di Malaysia yang dikumpulkan masih kurang dari 2% atas PDB nasional mereka, inilah salah satu faktor yang menyebabkan pemerintah berbaik budi dengan mengurangkan pendapatan pajak negara.

Kami memperhatikan benar tunjangan dan kesejahteraan amil kami. Dalam setahun turn over karena tidak puas terhadap kesejahteraan hanya 1 orang saja. Kami berharap agar seluruh karyawan PPZ mengembangkan career path nya selamanya disini.

Di PPZ, begitu kami mendapatkan dana zakat, tidak lebih dari 24 jam, dana langsung ditransfer ke Baitul Mal Maiwp. Tidak sempat kami menyimpan uang. Kami langsung sampaikan ke distribusi. Ini merupakan hal yang dianjurkan oleh tim audit. Dan kami tiap 2 tahun renew kontrak, apabila tidak puas dengan kinerja maka dapat diputus kontraknya. Inilah good governance dan integrity yang menjadi isu yang sangat diminati.

Kami pastikan tidak ada karyawan kami yang menyampaikan berapa nominal zakat yang dibayar oleh seorang muzakki. Sejak pertama masuk PPZ, karyawan disumpah agar menjaga kerahasiaan donatur.

Dikutip dari Amran Hazali, Penolong Pengurus Besar Khidmat Pengurusan dan Kualiti, Pusat Pungutan Zakat MAIWP

International Zakat Comparative Study Malaysia

by IMZ Dompet Dhuafa Corporate University