Israel Targetkan Pabrik Semen yang digunakan Hamas untuk Bangun Terowongan

Ilustrasi Terowongan Gaza/ AFP

GAZA – Pasukan Pertahanan Israel mengatakan jet-jet Israel menyerang lebih dari seratus target strategis  milik militan Hamas di daerah kantong Palestina di Gaza, Rabu (8/8/2018) malam.

Serangan udara itu diduga datang sebagai pembalasan atas rentetan 150 roket yang ditembakkan Hamas, 25 di antaranya ditembak jatuh oleh sistem pertahanan Iron Dome.

“Kami menanggapi dengan menargetkan pabrik semen yang digunakan oleh Hamas untuk membangun terowongan teror, terowongan terowongan teror maritim, dan beberapa situs teror di kompleks militer,” kata IDF.

Seorang juru bicara otoritas kesehatan Gaza mengatakan sebelumnya bahwa seorang Palestina meninggal di Gaza pada hari Rabu setelah Israel menembaki eksklave yang diduga sebagai pembalasan terhadap roket yang ditembakkan ke wilayahnya.

“Seorang pria Palestina berusia 30 tahun tewas dalam serangan dekat kota Beit Lakhia. Enam orang telah terluka sejauh akibat agresi Israel,” kata Ashraf Qidra kepada Sputnik.

Sebelumnya, Israel menuduh kaum militan dalam eksklaf Hamas yang dikelola meluncurkan sekitar 70 roket ke wilayahnya. Sebagian besar dari mereka menghantam daerah terbuka.

Militer mengatakan pihaknya telah menanggapi dengan meluncurkan serangan udara di sebuah kendaraan yang diduga digunakan oleh “skuad peluncuran roket” di Gaza untuk menembakkan roket ke Israel.