Lagi, Gempa Besar Guncang Lombok

RUBUH- Masjid rubuh dan rata dengan tanah, karena kekuatan gempa 7SR menimpa Lombok, (5/8/2018) lalu. Foto: BNPB

LOMBOK–Gempa besar dengan kekuatan 6,9 SR (sebelumnya disebut 7 SR) kembali mengguncang lombok. Kali ini, pusat gempa berada di Lombok Timur. Warga yang tinggal di Bali, Makassar, dan Jawa Timur juga ikut merasakan getaran gempa.

Gempa terjadi sekitar pukul 21.56 WIB, atau 22.56 WITa. Sumber gempa berasal dari Sesar Naik Flores. Intensitas guncangan gempa dirasakan di Lombok Timur & Lombok Utara VI-VII MMI.

“Gempa juga dirasakan ringan di Jawa Timur bagian timur dan Makassar,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Ahad (19/8/2018).

Sementara itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa berkekuatan 7,0 scala richter (SR) di Lombok NTB merupakan aktivitas baru. “Dengan memperhatikan lokasi episenter gempabumi M=6,9 yang terletak di ujung timur Pulau Lombok dan diikuti sebaran episenter gempa yang mengikutinya yang membentuk kluster episenter dengan sebaran ke arah timur hingga di sebelah utara Sumbawa Barat, maka dapat disimpulkan bahwa gempa yang terjadi merupakan aktivitas gempa baru yang berbeda dari gempa berkekutan M=7,0 yang terjadi pada 5 Agustus 2018,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dalam keterangan tertulisnya.