Pentagon Batalkan Bantuan untuk Pakistan

59 views

WASHINGTON – Militer AS telah membuat keputusan akhir untuk membatalkan bantuan $ 300 juta ke Pakistan, atas kegagalan  Islamabad untuk mengambil tindakan tegas terhadap kelompok-kelompok bersenjata di negara itu.

Dana Dukungan Koalisi adalah bagian dari penangguhan yang lebih luas dalam bantuan ke Pakistan yang diumumkan oleh Presiden Donald Trump pada awal tahun.

Pemerintah Trump mengatakan Islamabad memberikan tempat yang aman bagi para pejuang yang melancarkan perang 17 tahun di negara tetangganya Afghanistan, sebuah tuduhan yang dibantah oleh Pakistan.

“Karena kurangnya tindakan tegas Pakistan untuk mendukung Strategi Asia Selatan, sisa $ 300 juta diprogram ulang,” kata juru bicara Pentagon, Letnan Kolonel Kone Faulkner, Sabtu (1/9/2018).

“Kami terus menekan Pakistan untuk secara sembarangan menargetkan semua kelompok teroris,” kata Faulkner sebelum menambahkan bahwa jumlah bantuan akan digunakan pada “prioritas mendesak lainnya” setelah persetujuan Kongres.

Seorang pejabat Pakistanmengatakan dia tidak mengetahui pemberitahuan resmi mengenai keputusan AS mengenai bantuan, tetapi mengatakan satu orang diperkirakan akan berakhir pada akhir September, demikian dilansir aljazeera.