Kebakaran Hutan Gunung Ciremai Meluas ke Kebun Raya Kuningan

Pemadaman api di hutan Gunung Ciremai/ Antara

KUNINGAN – Kebakaran  di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kabupaten Kuningan belum berhasil dipadamkan, dan terus meluas hingga ke kawasan Kebun Raya Kuningan (KRK).

Tim pemadam yang terdiri atas personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), TNI/Polri, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan para relawan terus berusaha keras untuk memadamkan kobaran api hingga Kamis (4/10/2018) malam.

Bahkan, mobil pemadam kebakaran dan mobil tangki air juga turut diterjunkan ke lokasi. Namun, kencangnya tiupan angin membuat api dengan cepat merembet ke lokasi lainnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin, Kamis malam  mengatakan selain angin, kondisi medan yang berbukit dengan dominasi tumbuhan alang-alang dan perdu yang mengering juga membuat api dengan cepat meluas.

Ditambah lagi, kondisi lahan berbatu pada ketinggian 300-1.600 meter dari permukaan laut (mdpl) serta luasnya area kebakaran, telah menyulitkan upaya pemadaman.

Pada Kamis malam ada  dua titik yang masih menyala itu yakni di bagian atas daerah Bukit Seribu Bintang (BSB) dan di sebelah timur Kebun Raya Kuningan (KRK).

Agus menyebutkan, dikutip Republika,  untuk sementara ini, hutan di kawasan TNGC yang terbakar diperkirakan mencapai sekitar 495 hektare. Sedangkan kawasan KRK yang terbakar untuk sementara diperkirakan 15 hektare.