Tahun Keempat Dilanda Perang, Semua Anak di Yaman Butuh Bantuan Mendesak

73 views
Ilustrasi Seorang wanita memegang cucunya di sebuah kamp untuk pengungsi internal dekat Sanaa, Yaman, 10 Agustus 2016/ Reuters

JENEWA – Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) mengumumkan Senin (8/10/2018), hampir setiap anak Yaman membutuhkan bantuan internasional.

Yaman, salah satu negara dengan krisis kemanusiaan besar di dunia saat ini, sedang menjalani tahun keempat perangnya, yang telah menyebabkan resesi ekonomi nasional, memburuknya pelayanan publik, kekurangan pangan dan obat-obatan, ambruknya anggaran publik, inflasi tinggi, kemiskinan yang semakin dalam. , dan memperburuk krisis malnutrisi.

Dalam sebuah pernyataan resmi, UNICEF mengatakan bahwa mereka telah melanjutkan siklus ketiga bantuan uang tunai di seluruh Yaman.

“Hampir 1,5 juta keluarga termiskin di Yaman,  sekitar 9 juta orang,  akan mendapat manfaat dari bantuan tunai darurat dengan dana murah dari Bank Dunia,” ungkap pernyataan UNICEF.

“Hampir setiap anak di negara Yaman membutuhkan bantuan di tengah ancaman kelaparan yang serius dan terulangnya wabah penyakit termasuk difteri, kolera dan diare berair akut,” UNICEF menekankan.

Organisasi kemanusiaan mencatat, konflik telah menyebabkan pembunuhan dan cedera lebih dari 6.000 anak-anak dalam tiga setengah tahun terakhir. “Konflik hampir melumpuhkan infrastruktur vital seperti air, sanitasi dan kesehatan.”

UNICEF menegaskan, sebagian besar keluarga di Yaman telah kehabisan sumber keuangan mereka, pernikahan anak dan pekerja anak meningkat, dan lebih dari dua juta anak-anak Yaman tidak bersekolah.