Cerita Sertu Hendra Ketika Mengambil Black Box

JAKARTA – Tim Basarnas berhasil menemukan dan mengangkat Kotak Hitam pesawat Lion Air JT-610 pada kedalaman 30 meter di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Kotak Hitam ditemukan oleh salah seorang penyelam TNI AL bernama Sertu Hendra (1/11) siang ini.

Pencarian dan pengambilan Kotak Hitam diakui sulit oleh Sertu Hendra karena kencangnya arus bawah laur dan keterbatasan jarak pandang.

“Kami menggunakan tali untuk tidak terlempar dan tidak terbawa arus. Karena tali tersebut agak menghambat, kami kembali lagi ke posisi awal untuk melepas tali,” kata Hendra menceritakan proses penemuan Kotak Hitam seperti dilanir Kompas (1/11).

Ia mengaku sempat putus asa, namun dengan mengikuti petunjuk alat yang digunakan, ia mulai menemukan serpihan-serpihan pesawat. Setelah dibongkar, ia menemukan sinyal yang menandakan keberadaan Kotak Hitam.

“Kami kecilkan sensitifnya hingga area semakin mengecil lalu para tenpat alatnya menumbulkan reaksi sensitif tersebut kami gali, gali, kami mendapatkan black box nya,” jelasnya.

Meski sudah ditemukan, belum diketahui pasti Kotak Hitam yang ditemukan adalah jenis Flight Data Recorder (FDR), Cockpit Voice Recorder (CVR), atau keduanya.