Bupati Pandeglang Audiensi dengan Relawan FOZ Wilayah Banten

187 views

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang Irna Nuralita memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada semua relawan yang sudah membantu dalam respons bencana tsunami yang terjadi di Pandeglang.

Apresiasi itu disampaikannya dalam audiensi dengan para relawan yang tergabung dalam Forum Zakat (FOZ) Nasional di Kantor Bupati Pandeglang, Rabu (9/1/2019).

Audiensi ini dimaksudkan untuk menyusun rencana recovery ataupun pemulihan bencana tsunami yang terjadi di Pandeglang. Hadir dalam audiensi itu relawan dari 13 Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang tergabung dari Forum Zakat Nasional termasuk  Dompet Dhuafa.

Dalam forum diskusi ini, Irna Nurlita menuturkan, Pemerintah Pandeglang sangat terbantu  dengan adanya relawan yang membantu evakuasi hingga memberikan bantuan seperti makanan, layanan kesehatan, dapur umum serta PFA.

Selanjutnya Irna mengajak forum diskusi ini untuk membahas masa transisi ke arah pemulihan pasca bencana tsunami yang terjadi di Pandeglang.

Pembahasan termasuk pemulihan sektor perekonomian, karena Pemerintahan Pandeglang berharap ekonomi masyarakat yang terdampak kembali stabil.

Bupati Pandeglang Irna Nuralita (Kiri) dan Syamsul Ardiansyah, Manager Pemulihan dan Lingkungan Dompet Dhuafa. Foto: Gun Gun /Dompet Dhuafa

Syamsul Ardiansyah,  Manajer Pemulihan & Lingkungan Dompet Dhuafa mengatakan,  Dompet Dhuafa sudah merancang program pemulihan dengan mengembangkan beberapa program. Di antaranya, mengembangkan program usaha kecil, bantuan untuk pengembangan usahanya itu sendiri dan  membantu penyintas dengan pelatihan-pelatihan usaha bagi masyarakat yang mata pencaharianya hilang akibat bencana tsunami.

Bupati Pandeglang juga berharap, sinergi  antara pemerintah dan anggota FOZ ini dapat membantu dan meringankan masyarakat Pandeglang yang terdampak serta mereka segera bangkit kembali, termasuk pariwisata di Pandeglang.