Pasokan Air Bersih di Gowa Terganggu akibat Banjir

Ilustrasi Bantuan Air Bersih untuk warga Sragen. Foto:KRJogja

GOWA – Direktur Teknik PDAM Kota Makassar, Kartia Bado di Makassar mengatakan banjir di Kabupaten Gowa mengakibatkan instalasi PDAM Makassar tidak dapat berproduksi, sehingga distribusi air bersih terhenti.

“Karena kejadian ini beberapa daerah di sekitar selatan dan barat kota terhenti total termasuk suplai ke seluruh kawasan Gowa Makassar Tourism Development (GMTD) mati total,” ujarnya.

Menurutnya tim teknis sudah turun ke lokasi melakukan pemantauan dan setelah air surut pihaknya masih harus membersihkan dan mengeringkan motor-motor pompa tersebut agar dapat dioperasikan kembali.

Kartia menyatakan meluapnya Sungai Jeneberang yang mengakibatkan beberapa daerah di Kabupaten Gowa terendam banjir juga berdampak pada tidak berfungsinya salah satu instalasi PDAM Makassar, yaitu instalasi pengolahan air (IPA) IV Maccini Sombala, yang terletak di Jalan Abdul Kadir tepi Sungai Jeneberang.

Dia menyebutkan IPA Maccini Sombala berhenti beroperasi sejak terjadinya luapan air dari Sungai Jeneberang sejak Selasa siang, hingga menembus masuk ke ruang pompa dan ruang genset dengan ketinggian 50 centimeter, demikian dilansir Antara, Rabu (23/1/2019).