Berhasil Lolos dari Majikan di Yordania, Diah Mengaku Masih Banyak TKI yang Bernasib Sama

Diah Anggraini/ Dok.Kemenaker

MALANG – Diah Anggraeni (36), TKW yang 12 tahun disekap dan tak digaji oleh majikannya di Amman, Yordania dan sudah berhasil kembali ke kampung halamannya di Malang, mengaku memiliki beberapa teman yang senasib seperti dirinya.

“Saya cuma bisa berdoa semoga teman-teman yang di sana juga bisa segera pulang seperti saya, bertemu keluarganya,” katanya, di kediamannya di Jalan RE Martadinata Gang 6 RT 15 RW 02 Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Selasa (19/2/2019).

Selama 12 tahun, Diah bekerja sebagai pekerja rumah tangga (PRT) dan tidak mendapatkan gaji dari majikannya. Bahkan juga mendapatkan perlakuan kurang manusiawi, salah satunya hanya bisa mandi sebulan sekali.

Kini Diah mengaku kapok dan tidak ingin kembali menjadi TKW. Pengalaman pahitnya selama 12 tahun di Amman, Jordania menjadi pelajaran.

Kepala P4TKI Regional Malang Muhammad Iqbal juga tidak membantah jika masih ada sejumlah TKW ilegal di Jordania yang masih menghadapi persoalan yang sama. Sehingga memang butuh kerja keras untuk menyelesaikannya agar bisa senasib seperti Diah, bisa pulang bertemu keluarga.

“Masih banyak, makanya kami imbau bahwa kalau misalnya ada pemberangkatan ke Timur Tengah itu jelas ilegal. Karena Timur Tengah untuk sektor domestik (rumah tangga) itu ditutup. Timur tengah saat ini dibuka hanya boleh untuk sektor formal, di badan hukum (pabrik, cleaning service, driver) seperti itu. Tapi kalau rumah tangga itu jelas ilegal,” jelasnya, dilansir Merdeka.com.