BNPB Sayangkan Banyak yang Bangun Rumah di Bekas Lokasi Tsunami Aceh

76 views
Ilustrasi Rumah warga Pidie Jaya, Aceh yang roboh akibat digoyang gempa, rabu (7/12/2016): Foto: @kabaraceh

ACEH – Kasubdit Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB, Berton Panjaitan, menyayangkan ada warga yang membangun rumah di daerah dekat bibir pantai yang pernah tersapu tsunami pada 2004 di Aceh.

“Harusnya kan mereka sudah aware. Koentjaraningrat (antropolog Indonesia) pernah mengatakan bahwa masyarakat kita mengalami kemunduran. Contohnya seperti ini, walaupun sudah mengalami bencana, mereka tetap kembali ke lokasi yang dulu,” katanya dalam forum Eco Talk di Jakarta, Kamis

Berton juga mengatakan pernah melakukan survei di Padang, Sumatera Barat, yang mana menunjukkan kurangnya kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana. Tidak hanya menyayangkan dari sisi masyarakat, ia juga menilai pemerintah belum memprioritaskan kesadaran bencana.

“Banyak dari kita yang lupa bahwa Indonesia sangat rawan bencana, berbagai macam bencana ada di sini. Kesiapsiagaan bisa kita lakukan melalui teknologi, kalimat lokal yang sudah ada sejak zaman nenek moyang juga harus kita ketahui,” katanya, dilansir Viva.

Karenanya, pada 26 April 2019 nanti BNPB akan menginisiasi Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional pada 26 April 2019. Ia berharap semuanya turut berpartisipasi untuk melakukan simulasi evakuasi diri dari bencana.