Pengungsi dari Somalia, Sudan dan Afghanistan Unjuk Rasa di Kantor UNHCR Jakarta

173 views
Ilustrasi Sejumlah pengungsi unjuk rasa di kantor JAkarta/ Antara

JAKARTA – Sejumlah pengungsi dari sejumlah negara melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Badan PBB untuk Pengungsi (United Nations High Commissioner for Refugees/UNHCR) di Jakarta, Rabu (3/7/2019) siang.

Pengungsi tersebut berasal dari  Somalia, Sudan, dan Afganistan. Dipantau Antara, para pengungsi menuntut tempat tinggal dan makanan.

Hingga berita diturunkan belum ada konfirmasi dari para pengunjuk rasa dan pihak UNHCR terkait tuntutan yang mereka minta.

Namun diberitakan sebelumnya, salah seorang pengungsi Afghanistan pernah mengeluhkan susahnya mendapat pekerjaan di Indonesia, dan ingin segera dipulangkan kembali ke negara asal.

Habibulloh Bahoduri menceritakan kepada VOA, pada 20 Juni lalu,  ia bersama istri dan kedua anaknya terpaksa meninggalkan Afghanistan pada tahun 2018 karena takut dibunuh oleh teroris. Ia beralasan teroris tidak suka dengan keluarganya yang termasuk keluarga Hazara.

Habibulloh yang pernah memiliki toko baju di Afghanistan sudah tidak dapat bekerja lagi selama mengungsi di Indonesia. Ia bersama keluarganya hanya hidup dari belas kasihan warga sekitar dan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya.

Karena itulah, istri Habibulloh, berharap agar suaminya dapat diizinkan bekerja di pengungsian untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Sebab, ia tidak dapat berbuat apa-apa ketika anak-anaknya jatuh sakit.