Semburan Minyak Keluar dari Sumur Minyak di Aceh Timur

80 views
Ilustrasi Titik semburan lumpur di Kecamatan Gondang, Bojonegoro yang tadinya ada lima titik, kini bergabung menjadi satu. Foto:SurabayaNews

ACEH – Semburan minyak disertai gas keluar dari sumur minyak bekas PT Asmera di Gampong Seuneubok Lapangan, Kecamatan Peureulak Timur, Kabupaten Aceh Timur sejak Selasa (30/7/2019).

Sebelum minyak menyembur sempat terdengar dentuman dengan ketinggian sekitar 5 meter dengan radius mencapai 20 meter.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), T Ahmad Dadek mengatakan di lokasi kejadian sudah dipasang pengamanan dan garis polisi. Petugas juga terus memantau perkembangan situasi kejadian di lokasi dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kata Dadek, prediksi sementara kemungkinan besar semburan minyak itu sumur tua milik PT Asamera yang telah diproduksi secara ilegal. Padahal sudah dimitigasi dengan memasang well caping surface oleh Medco E&P Malaka sebelum direlinquished pada Oktober 2010 lalu.

“Akibat dari cara penambangan yang tidak memenuhi standar perminyakan, dan pasti untuk tambang ilegal tidak akan bisa memenuhi standar,” jelasnya, dilansir merdeka.com.

Upaya-upaya pencegahan terus dilakukan, sebutnya, namun mengalami kesulitan karena banyak pihak yang tak bertanggungjawab menambang minyak tak sesuai standar.