Listrik Padam, Gangguan Teknis atau Sabotase?

105 views
Pemadaman listrik di Jabodetabek dan sebagian Jawa Barat lebih enam jam sejak Minggu pukul 11.48 WIB dan berlanjut Senin, melumpuhkan aktivitas warga. Perlu investigasi menyeluruh, apakah penyebabnya persoalan teknis atau bisa jadi sabotase atau ulah teroris?

LEBIH enam jam aliran listrik padam yang nyaris melumpuhkan kegiatan masyarakat di sebagian wilayah Jawa, Minggu (4/8) sejak pukul 11.50 WIB merupakan kejadian terbesar sejak 2002.

Bahkan pemadaman listrik (current blackout) juga masih terjadi di sebagian wilayah Bekasi, Jakarta, Tangerang, sejumlah kabupaten di Bandung dan Propinsi Banten hingga Senin malam.

Sebelumnya, pemadaman listrik pada jaringan transmisi Jawa – Bali dalam skala besar terjadi berulang kali akibat sejumlah faktor seperti kerusakan alat atau penyebab lain.

Pada 1991 misalnya, alat pemutus arus listrik Jawa – Bali meledak sehingga terjadi pemadaman listrik, begitu pula pada 1992, 1997 dan 2002 terjadi pemadaman di cakupan wilayah yang cukup luas di Jawa.

Minggu lalu, ribuan penumpang komuter (KRL) numpuk di berbagai stasiun di wilayah Jabodetabek, karena moda angkutan andalan warga menghentikan layanan karena tidak mendapatkan catu daya listrik.

Bisa dibayangkan, bagaimana kacau balaunya aktivitas publik, ada sekitar 900 perjalanan KRL setiap hari dengan sekitar 1,2 juta penumpang yang melayani 79 stasiun di kawasan Jabodetabek.

Sebagian penumpang, lansia atau emak-emak dengan bayi atau anak kecil, tetap bertahan di atas KRL atau turun, membatalkan perjalanan, karena sebagian tidak punya ongkos naik moda angkutan lain yang lebih mahal atau taunya cuma naik KRL.

Celakanya, angkutan daring juga terimbas karena sistem pesanan on-line tidak berfungsi, juga jumlahnya tidak memadai atau belum semua orang terbiasa atau mampu membayar ongkosnya.

Terimbas Listrik Padam
Sistem ticketing elektronik Trans Jakarta dan di gerbang-gerbang toll, internet, e-transaksi perbankan dan komunikasi lewat HP, bahkan pasokan air PT Palyja dan juga SBPU ikut terganggu akibat listrik padam Minggu lalu.