Gangguan Listrik Sudah Normal, PLN Janji Berikan Kompensasi

67 views
Pekerja PLN membetulkan sistem gangguan listrik/ Tirto.id

JAKARTA – PT PLN (Persero) menginfomasikan semua gangguan yang terjadi pada sistem kelistrikan di DKI Jakarta dan Jawa bagian barat sudah berhasil diatasi dan normal kembali.

Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan hingga Selasa (6/8/2019) pagi, sudah ada 23 Gardu Induk Tegangan Tinggi (GITET) yang sudah beroperasi. Total kapasitas listrik yang sudah masuk ke dalam sistem sebesar 12.378 MW.

Sementara itu, untuk pemulihan beban padam, untuk wilayah Jakarta, Banten dan Jawa Barat sudah berhasil dilakukan Senin (5/8/2019) masing-masing pukul 17.50, 21.20 dan 23.27.

Sripeni mengatakan atas gangguan tersebut pihaknya akan memberikan kompensasi atau ganti rugi ke pelanggan. Kompensasi akan diberikan sebesar 35% dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen golongan tarif adjustment.

Kompensasi sebesar 20% dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen pada golongan tarif Non Adjustment (yang tidak dikenakan penyesuaian tarif tenaga listrik)
Pemberian kompensasi akan diberlakukan pada rekening bulan berikutnya.

Khusus untuk pelanggan prabayar, kompensasi disetarakan dengan pengurangan tagihan pada golongan Tariff Adjustment. Kompensasi ini akan diberikan saat pelanggan membeli token berikutnya.