Tiga Lembaga ini Bersedia Terima Pengaduan Kerugian akibat Listrik Padam

42 views
Ilustrasi

JAKARTA – Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia/ YLKI Sularsih menyebut pihaknya bersama Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta akan membuat posko pengaduan konsumen terkait kerugian yang didapat dari listrik padam sejak Minggu (4/8/2019).

Ketiganya  bersama-sama akan membuka posko  untuk melakukan suatu gugatan, baik itu pribadi atau berkelompok dari konsumen tersebut.

Posko pengaduan berbentuk fisik itu akan berada di tiga kantor lembaga tersebut di Jakarta. Kantor YLKI brada di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan. Sementara itu, kantor Fakta berada di Cipinang Muara, Jakarta Timur. Dan, LBH Jakarta kantornya berada di Jalan Pangeran Diponegoro, Jakarta Pusat.

Sularsih menyatakan posko tersebut mulai beroperasi pada Selasa (6/8/2019), dan petugas posko akan mendengar dan mencatat kerugian konsumen selama listrik padam terjadi. Pihaknya, kata Sularsih, akan memfasilitasi konsumen jika ingin membuat gugatan.

Sularsih menyatakan pendirian posko pengaduan mengisi kekosongan peran PLN yang tidak memiliki kanal dalam hal pelayanan publik. Padahal, menurut dia, perusahaan pelat merah tersebut sudah sepatutnya diisi dengan divisi terkait penanganan pengaduan.

“Sebagai perusahaan yang memberikan pelayanan jasa kelistrikan ini, harusnya dia (PLN) punya divisi untuk penanganan pengaduan ini,” katanya, dilansir CNNIndonesia.com, Selasa (6/8/2019).

Diberitakan sebelumnya, sejumlah kerugian banyak diderita warga dan perusahaan karena padamnya listrik minimal enam jam hingga belasan jam.

Di Jakarta saja, setidaknya ada tujuh kejadian kebakaran yang dilaporkan pascapemadaman listrik di Jakarta dan sekitarnya, Minggu (4/8/2019).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan dugaan sementara penyebab kebakaran terkait aliran listrik yang sempat padam, meski pada akhirnya Anies menyerahkan kepada pihak yang berwajib untuk menelusuri penyebab pasti kebakaran.