Damai, Tapi Uji Rudal Jalan Terus

1.043 views
Ilustrasi peluncuran rudal dari kapal selam. Korea Utara, Rusia dan Iran masing-masing menguj coba rudal-rudalnya, akhir pekan ini (24/8)

SITUASI damai bukan berarti membuat anggaran belanja negara bisa lebih longgar dialokasikan bagi pembangunan ekonomi atau program peningkatan kesejahteraan rakyat, buktinya uji coba rudal tidak pernah jeda dilakukan oleh sejumlah negara.

Korea Utara, Sabtu (24/8) dilaporkan meluncurkan uji coba rudal balistik yang ketujuh kali pasca pertemuan presidennya, Kim Jong Un dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Zona Bebas Militer (DMZ) korsel dan Korut, Panmunjom, Juni lalu.

UJi coba rudal itu tentu bakal menghambat program denuklirisasi yang dirembuk pada pertemuan kedua pemimpin di Hanoi, Februari lalu saat keduanya sepakat melanjutkan negosiasi ke soal-soal yang lebih teknis.

Sumber militer Korsel menyebutkan, dua rudal balistik yang diluncurkan dari situs rudal di Provinsi Hamgyong Selatan, Korut Sabtu pagi melayang sejauh 380 Km pada ketinggian 90 Km atau titik tertinggi diantara sembilan rudal yang diluncurkan selama 2019.

Walau Menhan Jepang menganggap kedua rudal yang tercebur di Laut Jepang itu tidak mengancam negerinya, protes keras tetap dilayangkan ke Pyongyang, sementara nelayan negeri matahari terbit itu dilarang mendekati lokasi jatuhnya rudal.

Dewan Keamanan Nasional Korsel melontarkan keprihatinannya atas peluncuran rudal tersebut dan meminta Korut menghentikan aksi yang bisa memicu ketegangan militer.

Trump Anggap Enteng
Sementara Presiden Trump menganggap enteng aksi Korut dengan mengatakan bahwa Presiden Kim berterus terang padanya terkait rencana ujicoba rudal-rudal jarak dekat yang memang tidak dibatasi (berbeda dengan Traktat Kesepakatan Nuklir Jarak Menengah – INF antara AS dan Rusia, sebelumnya Uni Soviet-red)

Sebaliknya Menlu Korut Ri Yong Ho mengingatkan, negaranya akan menjadi ancaman utama terhadap AS jika negara Paman Sam itu tidak menghentikan sanksi ekonominya yang dikenakan terhadap Korut.