Brasil Tolak Bantuan Negara G7 untuk Atasi Kebakaran Hutan Amazon

Kebakaran hutan Amazon/ Reuters

BRASIL – Presiden Brasil Jair Bolsonaro  menolak paket bantuan 22 juta dolar yang ditawarkan oleh negara-negara G7 untuk membantu memerangi kebakaran hutan  di hutan hujan Amazon, yang sering dianggap sebagai “paru-paru” bumi.

Berbicara di media sosial, Bolsonaro berpendapat ada agenda tersembunyi di balik tawaran bantuan Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan mengatakan Brasil bukan wilayah kolonial.

Bolsonaro melanjutkan jika dia mendiskusikan sebuah rencana dengan Presiden Kolombia Ivan Duque yang menjamin kedaulatan nasional dan sumber daya alam negara-negara tetangga di kawasan Amazon.

Penolakan Bolsonaro didasarkan pada gagasan bahwa alokasi jutaan dolar akan merusak kedaulatan negara.

Dihimpun Anadolu, dalam konferensi pers bersama Senin dengan Presiden Chili Sebastian Pinera, Macron mengumumkan bahwa negara-negara G7 akan mengalokasikan $ 22 juta dalam dana darurat untuk membantu upaya pencegahan kebakaran di hutan hujan Amazon. Dia juga mengatakan Prancis akan memberikan dukungan militer di wilayah itu untuk memerangi kebakaran.

Ketegangan antara Prancis dan Brasil meningkat setelah Macron menyerukan pertemuan darurat negara-negara G7 terkait kebakaran. Bolsonaro menuduh Macron memiliki pola pikir kolonial.