Niat Tulus Afuk, Tempuh 276 KM untuk Kembalikan Dompet Temuannya

2.432 views

JAKARTA – Niat tulus Afuk bermula ketika ia menemukan dompet berisi STNK, KTP, dan lainnya ia temukan di jalan besar arah Solo-Yogyakarta. Afuk mengaku telah juga beberapa kali mengunggah foto dompet temuannya itu, ke media sosial, tetapi mendapat respons. Dia juga sempat menghubungi polisi setempat, tetapi juga tidak ada respons.

“Saya lacak dari alamat yang ditelusuri, saya lapor lewat Facebook enggak ada tanggapan, ke Polsek Ngoro (wilayah Mojokerto, Jawa Timur) enggak ada tanggapan, katanya lebih baik datang langsung,” ujarnya seperti dilansir Kumparan (16/9).

Untuk mengantarkan dompet, kakek berusia 50 tahun itu terpaksa mesti menjual handphone miliknya dan laku Rp 650 ribu. Lalu uang hasil penjualan digunakan untuk memperbaiki sepeda bekal perjalanan.

Akhirnya Afuk nekat menempuh perjalanan dari Solo ke Pasuruan kurang lebih 276 kilometer dengan menggowes sepeda. Beberapa kali Afuk, juga sempat dibuat bingung oleh warga yang ditanyainya saat tiba di Mojokerto. Untungnya, kata Afuk, ada kerabat dari orang yang kehilangan dompet yang meneleponnya. Singkat cerita, Afuk bisa bertemu dengan pemiliknya, meskipun harus menunggu selama 3 jam.

“Awalnya saya hubungi ‘Bangbeng’, nama komunitasnya (si pemilik dompet) itu, tapi enggak ada respons. Setelah tiba di beberapa daerah baru bisa dihubungi, akhirnya yang nelepon saudara pemilik HP bilang janjian di Jambisari, Mojokerto,” tutupnya.