Bangga Berbini Tiga

670 views

Terbaru adalah Lora Fadil, yang nama aslinya Ahmad Fadil Muzaki Syah. Anggota DPR dari Nasdem ini sebetulnya untuk kedua kalinya di Senayan. Tapi sebelumnya (2009-2014) sama sekali tak dikenal. Dia baru ngetop pada periode keduanya ini. Tapi dikenal bukan karena sepakterjangannya sebagai wakil rakyat, justru tertidur di sidang paripurna perdana.

Ironisnya publik dan warganet bukan menyoroti tidurnya Lora Fadil, tapi justru keberaniannya menampilkan 3 istrinya di depan umum. Dibawalah 3 istri dan 6 anaknya ke Jakarta untuk menyaksikan dia dilantik jadi anggota DPR kedua kalinya. Ada rasa bangga pada dirinya, terbukti saat berfoto dengan tiga istrinya itu sampai unjuk jempol.

Jarang pelaku “madu bersyariah” terang-terangan pamerkan istri-istrinya. Tapi Lora Fadil tenang saja. Dia punya alasan kuat untuk itu. Ketiga istrinya rukun-rukun selalu, tidak pernah cakar-cakaran. Satu ranjang pun berempat. Dan paling penting, semua dinikah resmi lewat KUA, bukan kawin siri untuk istri kedua dan ketiganya.

Kebanyakan pelaku poligami, hanya istri pertama yang dinikah resmi. Lainnya hanya nikah siri, bahkan “kumpul maesa”. Soalnya si suami yang penting aurat, bukannya surat.  Maklumlah, dia tak tahan akan sindiran dan cercaan publik, meski poligami itu halal dan bisa dibenarkan.

Kenapa kaum istri tak rela suaminya berpoligami? Karena baginya cinta suami mutlak menjadi monopolinya, tak boleh dibagi-bagi macam sembako. Dan kaum ibu trauma dengan kisah-kisah pelaku poligami. Kebanyakan rumahtangganya tak bahagia. Perang “Timur Tengah” terjadi setiap hari, karena mereka saling mengirikan atas pembagian apapun dari suaminya.

Maka benar sekali Lora Fadil itu. Ketika Fahri Hamzah bilang jadi anggota DPR jangan banyak  ngomong di bulan-bulan pertama, dia malah sudah banyak istri saat masuk ke dua kalinya ke Senayan. Jarang orang bisa seperti dia. Kebanyakan, banyak istri malah “istikomah” dalam arti: istri tiga kontrak rumah. (Cantrik Metaram)