PBB Ungkap 85 Warga Sipil Tewas dalam Serangan yang Targetkan Pemilu Afghanistan

184 views
Pasukan Afghanistan berjaga-jaga di pos pertahanan. MUI gelar Forum Tripartit Ulama Afghanistan, Pakistan dan RI di Jakarta, akhir Maret guna membuka jalan bagi proses damai di negeri itu.

AFGHANISTAN – PBB mengeluarkan laporan terbarunya yang berisi dampak serius kekerasan terhadap warga sipil Afghanistan terkait pemilu, terutama akibat serangan Taliban yang menargetkan pemilihan presiden negara itu bulan lalu.

Dalam laporan yang dirilis Selasa (15/10/2019) itu, sebagaimana dilansir VOA, PBB menyatakan serangan-serangan yang bertujuan mengacaukan proses pemilihan tersebut menewaskan 85 orang dan mencederai 373 lainnya di berbagai penjuru Afghanistan.

Jumlah tersebut mencakup 277 korban warga sipil, 28 yang tewas di antaranya terbunuh pada hari pemilihan, 28 September, dan lebih dari sepertiga korban warga sipil adalah anak-anak.

Rakyat Afghanistan memberikan suara dalam pemilihan presiden awal bulan lalu meskipun ada ancaman Taliban dan kekerasan. Pemilu sendiri diwarnai oleh pelanggaran dan tuduhan kecurangan yang meluas, selain kontroversi mengenai rendahnya kehadiran pemilih dan klaim dari calon unggulan, Abdullah Abdullah, bahwa dialah pemenang pemilu tersebut.