Bank Dunia : Kemiskinan Terus Turun

JAKARTA (KBK) – Di hari pengentasan kemiskinan dunia yang jatuh pada tanggal 17 Oktober, Wakil Presiden Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasific Victoria Kwakwa mengatakan bahwa di tahun 2019 hampir seperempat penduduk di negara berkembang di wilayahnya hidup di bawah garis kemiskinan.

Menurut Kwakwa dengan upper middle income calss berpendapatan 5,5 dollar AS per hari, maka penduduk miskin akan naik 24 persen di bulan oktober ini. Lebih tinggi dari awal semester sebesar 23,7 persen. Namun kata Kwakwa khusus Indonesia, Bank Dunia memprediksi kemiskinan mengalami tren penurunan kendati berjalan lambat.

Berdasarkan upper middle income per hari jumlah orang miskin turun dari 54,5 persen di 2019 menjadi 52,3 persen di tahun 2020 dan kembali turun 50,2 persen pada 2021.

“Memahami kemiskinan adalah hal mendasar sebelum menyelesaikan strategi pengentasan. Bila gagal memahami inti persoalan di masyarakat, maka hampir dipastikan gagal dalam menyusun desain yang berorientasi pengelesaian kompleksitas pententasan kemiskinan,” ujar Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa pada a ara diskusi bertajuk Strategi Pengentasan Kemiskinan di Jakarta (17/10).