Mengenal Dalia Darawish, Perempuan Palestina Pengemudi Truk Kontainer

Dalia darawish/ Quds news

TEPI BARAT – Dalia al-Darawish, seorang perempuan Palestina yang bertubuh mungil ingin membuktikan jika diirnya mampu bekerja meski harus menjadi seorang supir truk kontainer di Tepi Barat.

Darawish kini sedang mempersiapkan ujian untuk menjadi salah satu dari segelintir supir truk Palestina yang berkualitas.

“Itu simbolis,” katanya kepada AFP. “Itu menunjukkan kita bisa melakukan apa saja – sebagai wanita kamu bisa bekerja, mengendarai trailer atau apa pun.”

Ibu dua anak ini adalah di antara beberapa wanita Palestina yang mendorong batas-batas di kota tradisional Hebron yang konservatif di Tepi Barat yang diduduki Israel, di tengah meningkatnya ketegasan terhadap hak-hak wanita.

Darawish mengatakan dia menghadapi kritik dari perempuan maupun laki-laki saat dia berlatih.

“Mereka adalah beberapa yang mendukung, minoritas,” katanya. “Tapi kemudian ada orang-orang berteriak di jalan, ‘Tidak, mengapa kamu mengendarai trailer ?!'”

“Setiap kali saya melakukan kesalahan, Anda akan menemukan pria berteriak,” Tidak mungkin (untuk Anda),” tuturnya.

Namun semua tak menyurutkan niatnya yang ingin bekerja, meski harus bekerja berat, dditengah tumpukan kebutuhan yang mendesak da dan keluarganya, di tengah pendudukan Israel yang membuat ekonomi Palestina tertekan.