Puluhan Guru di Yogyakarta Ikuti Pelatihan Anti Korupsi

247 views

YOGYAKARTA – Pusat Belajar Anti Korupsi (PBAK) bersama Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta menggelar road show Sekolah Guru Anti Korupsi (Serasi) pada Sabtu (19/10/2019), berlangsung di SD Muhammadiyah Al Jihad Wonosari.

Sebanyak 20 guru mengikuti pelatihan dan pendidikan tersebut, dari Guru SD sampai SMP. Dalam kesempatan tersebut guru juga meluapkan keluh kesahnya tentang pengelolaan sekolah. Segala permasalahan seperti dana bos, budaya organisasi yang masih kurang baik dan lain sebagainya. Dalam pelatihan tersebut, pemateri mencoba menjawab dan memberikan tips terkait segala permasalahan yang ada. Diantaranya guru mendapatkan pengajaran mengenai tips untuk menghindari suap dan pemerasan dengan metode “DAPRR” yaitu Declare, Ask, Persude, Refuse dan Report.

“Dengan ini, semoga bapak ibu guru bisa lebih berintegritas dalam menjadi pengajar di sekolah,” ujar Ridwan Affan, selaku pemateri dan direktur PBAK.

Affan juga menjelaskan “Prove it” yaitu singkatan dari Puprose, Rules, Opener, Values, Ethic, Indentity dan Timing, sebagai metode self assessment mencegah grativikasi.

Pada sesi kedua, para guru juga mendapatkan Hypnoteaching, pelatiihan untuk menanamkan nilai-nilai antikorupsi kepada peserta didik dengan baik.

“Hypnoteaching adalah ilmu seni berkomunikasi. Dengan menguasai Hypnoteaching, maka guru mampu menyalurkan materi pembelajaran sesuai dengan gaya belajar dan kecerdasan peserta didiknya. Sehingga nilai-nilai integritas tertanam dalam fikiran alam bawah sadar peserta didik,” timpal Aslam, selaku pemateri yang juga koordinator Media dan Pendidikan Antikorupsi PBAK, dilansir dompetdhuafa.org.