Dompet Dhuafa Bantu Dirikan Rumtara bagi Korban Gempa Filipina

373 views

FILIPINA – Dompet dhuafa membantu mendirikan rumah sementara (rumtara) bagi penyintas gempa 6,6 SR yang melanda wilayah selatan Kepulauan Mindanao, Filipina, gempa bumi berkekuatan 6,6 skala richter, pada Selasa (29/10/2019).

Bantuan diberikan untuk Gallentes (62), yang mendirikan tenda sederhana di area dekat reruntuhan rumahnya. Dia tidak ikut mengungsi, karena harus menjaga ternak sebagai satu-satunya aset yang tersisa.

“Selain bantuan logistik, Gallent menjadi warga pertama yang dibangunkan Huntara (Hunian Sementara) oleh Dompet Dhuafa. Kado cinta dari warga Indonesia untuk penyintas bencana gempa Filipina,” ujar Herdiansyah, selaku Direktur Dompet Dhuafa Konstruksi, dilansir dompetdhuafa.org, Selasa (12/11/2019).

Sampai saat ini, Tim Dompet Dhuafa tercatat sebagai satu-satunya lembaga kemanusiaan asing (NGO) pertama yang masuk wilayah gempa di Filipina. Memberikan bantuan kemanusiaan, termasuk merencanakan pembangunan hunian sementara bagi korban yang kehilangan tempat tinggalnya, menjadi sasaran respon tim Dompet Dhuafa kali ini.

“Rumtara Gallentes dibangun dalam waktu 48 jam. Ia tinggal beserta anak, cucu dan menantunya. Dengan haru bahagia, ia mendoakan yang terbaik untuk Indonesia, khususnya donatur Dompet Dhuafa,” lanjut Herdiansyah.

Tim Dompet Dhuafa membawa bantuan antara lain berupa logistik, sanitasi air, kesehatan, juga terapi trauma bencana. Dalam respon kali ini juga mempersiapkan pendirian huntara untuk keluarga penyintas bencana. Pos Dompet Dhuafa juga berada di salah satu wilayah pusat evakuasi, yakni daerah Makilala, Mindanao Utara. Di sana ada sekitar 200 keluarga yang masih mengungsi.