Mahkamah Eropa Putuskan Produk Israel yang Dibuat di Daerah Pendudukan Harus Diberi Label

4.481 views
Gedung Mahkamah Eropa di Luksemburg/ Reuters

LUKSEMBURG – Pengadilan tinggi Uni Eropa memutuskan jika produk-produk Israel yang dibuat atau diproduksi di wilayah-wilayah pendudukan harus diberi label.

Mahkamah Eropa yang berkantor di Luksemburg itu pada Selasa (12/11/2019) mengatakan produk-produk yang dibuat di permukiman Israel tidak bisa hanya diberi label ‘’buatan Israel’’ karena ‘’negara Israel hadir di wilayah tersebut sebagai kekuatan pendudukan dan bukan sebagai entitas berdaulat.’’

Menurut MA , pelabelan yang jelas dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, sebagian diantaranya mungkin memilih tidak membeli produk karena pertimbangan etis dan hal-hal yang berkaitan dengan ketaatan pada hukum internasional.

Uni Eropa merupakan salah satu penentang keras permukiman Israel, dan menyebut hal itu ilegal berdasarkan hukum internasional.

Israel dengan cepat menolak putusan pengadilan itu, dengan mengatakan hal itu menggambarkan ‘’standar ganda Uni Eropa terhadap Israel.’’

“Ada sekitar 200 perselisihan wilayah di seluruh dunia, namun ECJ belum memberikan putusan tunggal (has not rendered a single ruling) terkait pelabelan produk-produk yang berasal dari wilayah-wilayah ini,” ujar Kementerian Luar Negeri Israel, dikutip VOA.