Sungai Meluap, Puluhan Rumah Warga di Aceh Tenggara Terendam Banjir

364 views
Ilustrasi, banjir/ KBK

ACEH – Puluhan rumah warga di Desa Kuning Satu, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, terendam banjir akibat luapan Sungai Lawe Ketuban.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah jebolnya aliran sungai Lawe Ketuban ini,” kata Kepala BPBD Kabupaten Aceh Tenggara, Hasbi, Rabu (13/11/2019).

Musibah yang menyebabkan 22 rumah terendam banjir tersebut juga menyebabkan 89 jiwa atau 22 kepala keluarga di daerah itu ikut terdampak.

Meski sebagian besar rumah warga terendam air sungai, namun masyarakat di sana ini belum juga memilih untuk tinggal di lokasi pengungsian.

Dilansir Antara, Hasbi menduga, jebolnya tanggul sungai di daerah aliran sungai (DAS) Lawe Ketuban tersebut diduga akibat guyuran hujan yang terus-menerus sejak beberapa hari lalu, sehingga berdampak meluapnya aliran air sungai.

Agar musibah serupa tidak lagi terjadi, petugas BPBD dibantu aparatur desa bersama masyarakat sedang berupaya menutup tanggul sungai yang sempat jebol, sehingga luapan air tidak lagi merendam rumah warga di daerah itu.