Hong Kong Terancam Lumpuh

1.692 views

“Kekerasan oleh perusuh sudah mencapai titik paling berbahaya dan bahkan mematikan,” kata petugas kepolisian Tse Chun-chung seperti dikutip Reuters.

Dia mengatakan, beberapa kampus telah digunakan sebagai tempat untuk memproduksi bom Molotov dan basis bagi perusuh dan pelaku kriminal. “Hong Kong merupakan wilayah tanpa hukum,” jelasnya.

Kerusuhan tersebut menyebabkan ribuan warga Hong Kong harus mengantre di stasiun metro karena layanan kereta api dibatalkan dan jalanan ditutup. Sejumlah layanan kereta, stasiun, dan bus juga tidak beroperasi karena fasilitas yang mengalami kerusakan.

Gelombang aksi unjukrasa yang sudah memasuki lima bulan bermula dari protes terhadap rencana pemberlakuan UU Ekstradisi yang memungkinkan pelaku kejahatan di Hong Kong diadili di China daratan berubah menjadi upaya menurunkan penguasa Hong Kong Carrie Lam yang dinilai pro-Beijing.

Rusuh Hong Kong agaknya sudah mendekati hari-hari terakhir, menanti batas kesabaran penguasa China daratan yang sudah menyiapkan pasukannya di provinsi tetangga untuk menyerbu wilayah administrasinya itu. (AP/AFP/Reuters/ns)