Mengenal Penyakit Kronis yang Mengancam Masyarakat

467 views

JAKARTA (KBK) – Terdapat tiga penyakit yang mengancam masyarakat Indonesia. Ketiga penyakit tersebut memiliki turunan yang banyak. Hal tersebut diungkapkan oleh praktisi kesehatan Dr Agus Ali Fauzi dalam diskusi bertajuk Being Healthy and Beauty with Food dalam forum ISEF di Jakarta (15/11).

Menurut Agus 3 penyakit tersebut, pertama karena psikosomatik yakni ganti-ganti dokter tanpa mengubah kondisi jiwa. Di sini pasien tak mengubah pola hidup dan tak menjadikan tuhan sebagai sandaran hidup.

“Jiiwanya juga mesti berubah, kita harus rajin istighfar dan dzikir dengan begitu kita akan dapat ketenangan hati,” ujar Agus dalam paparannya.

Dua yaitu penyakit Immunocompromised atau daya tahan tubuh menurun. Hal ini diakibatkan oleh rasa kekhawatiran yang berlebih. Otak menjadi mengekerut dan pasien menjadi sulit berjalan. Di sini Agus menyarankan agar kita selalu mengaktifkan komunikasi dengan owner umat manusia, Allah SWT.

Ancaman ke tiga adalah penyakit degeneratif seperti struk jantung, diabetes dan kanker. Kanker menurut Agus dipicu oleh masalah yang terus dipendam dalam hati. Baiknya kata Agus masalah yang ada seyogyanya dipampiaskan dan dikeluarkan dengan cara bercurhat kepada orang terpercaya.

“Bila jiwa kita tertekan maka sel darah pun akan akan mengenai DNA. Ini yang mengakibatkan tiba-tiba kanker sudah stadium 4,” ujarnya.