Peran Masyarakat Dalam Gerakan Indonesia Ramah Zakat

462 views
ilustrasi/ist

Masyarakat Indonesia sesungguhnya adalah masyarakat yang gemar berderma atau memberikan bantuan bila ada masyarakat lain di wilayah Indonesia atau di wilayah dunia lainya membutuhkan bantuan atau pertolongan bila masyarakat di wilayah lain membutuhkan pertolongan dan oleh karena sikap itulah maka masyarakat Indonesia dikenal sebagai orang yang sangat dermawan. Saat terjadi tsunami di Aceh dan Gempa di Jogya telah membuat seluruh masyarakat Indonesia berbondong-bondong membantu korban yang ada di kedua wilayah tersebut. Pada prinsipnya masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang suka berbagi atau gemar memberikan bantuan asalkan dana yang mereka berikan jelas manfaatnya bagi masyarakat seperti untuk bantuan bencana alam, bantuan kesehatan, pendidikan, bencana atau kegiatan social lainnya dan jelas juga lembaga penerima manfaatnya.

Hal ini sejalan dengan laporan World Giving Index 2018 yang menempatkan Indonesia sebagai negara dengan tingkat kedermawanan tertinggi. Masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang bisa dan mau ‘membantu orang bahkan kepada orang yang tidak mereka kenal sekalipun’. Masyarakat Indonesia dengan mudah ‘memberi sumbangan’. Tangan kanan mereka bisa memberi sementara tangan kiri tak mengetahui. Survei yang dilakukan oleh lembaga riset Gallup telah menempatkan Indonesia berada di peringkat atas oleh faktor kerelaan ‘memberi sumbangan’ yang tinggi, yaitu 78 poin. Survei ini sendiri melibatkan kurang lebih 150.000 responden dari seluruh dunia.

Ajakan memberi atau berbagi itu juga sejalan dengan perintah berzakat bagi setiap muslim, hal itu tercantum dalam Al Quran “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’.” (QS. Al-Baqarah : 43) atau pada ayat lainnya “Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Baqarah: 110)