Aula, Anak Pedagang Sayur di Aceh Dapat Beasiswa Kuliah di Amerika

184 views
Aula/ Dok.pribadi via VOA

WASHINGTON –  Aula Andika Fikrullah Al Balad, anak pedagang sayur di Aceh, membuktikan jika keterbatasan biaya tidak membuat langkahnya terhenti dalam meraih pendidikan.

Setelah 53 kali gagal mendapat beasiswa, Aula berhasil meraih beasiswa untuk kuliah S2 di Lehigh University yang masuk 50 besar universitas di Amerika, dan berlokasi di  Bethlehem, Pennsylvania.

Aula merupakan anak dari orang tua yang sehari-harinya berdagang sayur di Gampong Lampasi, Darul Imarah, Aceh Besar.

“it’s not about perfect. It’s all about effort.” Tak perlu harus melulu sempurna, namun segala cita-cita bisa diraih dengan berusaha,” ujarnya.

Kisah Perjuangan Si Bungsu di Lampasi

Sebelumnya orangtua Aula biasa berjualan dari pintu ke pintu, dan sejak tahun 2000, Aula dan keluarga membangun kios kecil yang beratapkan rumbia di depan rumah mereka, sehingga kini sang Ibu, Siti Narimah atau biasa disapa Mak Cut, tidak perlu lagi berkeliling kampung.

Kejadian tragis menimpa keluarga Aula pada tahun 2004 ketika sang ayah, almarhum Ridhwan Kr Is, ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa lagi di dekat sebuah sawah. Almarhum telah menjadi korban saat terjadi konflik di Aceh. Pada waktu itu Aula masih kelas lima di bangku sekolah dasar. Dua orang kakaknya juga meninggal pada tahun yang sama, satu karena sakit dan satu lagi menjadi korban tsunami.

Perjuangan baru pun dimulai oleh Mak Cut, ibunda Aula, yang seketika menjadi orang tua tunggal yang harus memenuhi kebutuhan hidup bagi dirinya dan anak-anak.

Dengan keuntungan penghasilan sekitar sepuluh hingga dua puluh ribu per hari dari berdagang sayur, orang tua Aula tidak pernah memperbolehkan anak-anaknya membantu mencari uang.

“(Almarhum ayah) akan marah. Apalagi kita harus libur sekolah gitu. Jadi memang pendidikan tetap yang utama di keluarga kita,” kata Aula, dilansir VOA Indonesia, Kamis (5/12/2019).