Rumah Dp Nol Persen di Jakarta Masih Sepi

153 views
ilustrasi rusun

JAKARTA – Situasi di rumah susun sederhana milik (Rusunami) Klapa Village dengan down payment (DP) Rp 0 di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, terpantau sepi. Seperti dilansir Kompas (5/12) bagian lobi, tampak sepi penghuni.

Tak terlihat ada aktivitas apapun di sejumlah fasilitas rusunami. Hanya ada sejumlah petugas keamanan yang berjaga. Di lantai dua yang terdapat display atau percontoham unit kamar, juga terpantau sepi.

Tak terlihat ada penghuni yang lalu lalang atau beraktivitas. Menurut salah satu petugas keamanan setempat, masih banyak unit kamar yang belum berpenghuni atau kosong.

“Masih banyak ini yang kosong kamarnya,” kata salah seorang sekuriti di lokasi.

Adapun pihak pengelola rusunami setempat bungkam dan menyuruh media untuk konfirmasi langsung terkait rusunami ke Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta. Diketahui, Rusunami DP Rp 0 Pondok Kelapa ini baru terjual 100 dari 780 unit yang tersedia.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Kelik Indriyanto mengatakan, sebenarnya banyak warga yang mendaftar untuk membeli rusunami DP Rp 0. Banyak pula yang sudah dinyatakan memenuhi syarat administrasi oleh Dinas Perumahan. Namun, kebanyakan pendaftar tidak lolos verifikasi bank sehingga tidak bisa menyicil rusunami DP Rp 0.

“(Jumlah penghuni) masih rendah itu memang ada beberapa persyaratan di Bank DKI belum bisa lolos, jadi peminat banyak,” katanya.